hmmmm,,,, mau dimulai dari mana yah bingung… mohon maaf sebelunya kalau tulisan saya semrawutan.  saya hanya ingin meng xpresikan diri ajah. heheh😀😀😀 :D…

Baik lah.. berdasar kan judul nya dapet dilihat apa yang akan saya tulis.. yaitu tentang makanan,, saya mendapatkan nya dari beberapa sumber, jadi harap maklum kalau ini bukan resep turun temurun dari keluarga saya, hehe😀😀😀

dalam beberapa hari ini saya tidak semangat banget untuk mengerjakan sesuatu, entah emang karna saya males atao karna “sesuatu yah” kata Syahrini.🙂 ohyah Syahrini tuh cantik banget loh. akuh ajah ngefans berat ama Dy. mungkin karna aduhay yah. bikin semua laki-laki melirik.. hahahahah😀😀😀 .. “wah mana cerita makanan nya ini” udah gak sabar yah ingin makanan nya,, oke kita lanjutkan ceritanya. malas itu terus melanda saya dan karenan saya suka makan pada akhir nya saya buka om GOOGLE dan mencari info mengenai makanan pembangkit semangat. dan jadilah sebuah tulisan ini…

taraaaaa… sebelum nya teman saya pernah merekomendasikan sebuah makan murah meriah. yaitu TAPAI sebenernya sya masih meragukan nya apakah benar atau tidak.. maka saya harus tau,
setelah saya telusuri manfaat nya tidak terlalu signifikan dan tidak ada dokter yang mengatakan nya. jadi kesimpulan yang saya dapat adalah manfaat tapai itu diketahui berdasarkan pengalaman.. mungkin karna kandungan nya yah… Tape adalah peragian/pregmentasi dari karbohidrad (bahan yang digunakan adalah ketela pohon, beras ketan dan ragi (sejenis cendawan) menjadi gula (jika terus berlanjut akan menghasilkan cuka.)
Karbohidrat dan gula merupakan sumber kalori bagi tubuh manusia sehingga tape juga merupakan sumber kalori bagi tubuh manusia. Tape lebih banyak menghasilkan kalori dari karbohidrat dan gula dalam berat yang sama. Prosesnya untuk menghasilkan kalori juga lebih cepat.
Air tape dapat diolah menjadi sejenis tuak (minuman keras) hingga menyebabkan orang mabuk.
Air tape juga dapat digunakan sebagai pembuat cuka dapur yang dapat mencairkan lemak hingga mencegah tekanan darah tinggi.
Tape juga merupakan bahan pembuatan roti/kue hingga adonan dapat memuai (berkembang) hingga mudah dicerna oleh tubuh manusia.  “terus apa hubungan  nya denga membangkitkan semangat” nah berdasarkan pengalaman teman saya maka saya rekomendasikan TAPAI untuk dimakan agar semangat nya bangkit kembali, dan jangan lupa kalu kebanyakan akan memabuk kan. menurut bung Haji Rhoma Irama mabuk itu dilarang dan TERLALU.

selain itu saya juga mendapat ken sebuah artikel yang di post kan oleh sebuah blog makan yang menurut saya sumber nya bermutu. untuk itu saya masukkan dalam tulisan saya ini..

Serotonin, senyawa organic pada tubuh yang membuat kita merasa nyaman dan rileks tidak dapat diproduksi oleh tubuh tanpa adanya asam amino bernama tryptophan. Tanpa serotonin, maka suasana hati kita bisa menurun. Tryptophan dapat kita peroleh melalui kesepuluh makanan yang akan disebutkan nanti.

Tingkat serotonin yang rendah sering dikaitkan dengan gangguan suasana hati, kecemasan, hingga gangguan lambung.

Dalam buku elektroniknya yang berjudul The Serotonin Secret, Dr. Caroline Longmore mengatakan bahwa cara untuk memperoleh tryptophan secara maksimal adalah dengan mengatur konsumsi makanan. Ia mencantumkan lusinan makanan dengan tingkat tryptophan yang tinggi.
Apa sajakah makanan-makanan itu?

Top Ten Good Mood Foods by Dr. Longmore:

mung beans (sejenis kacang hijau)
Kedelai (kadang-kadang ditambah “kacang” di depan namanya) adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kecap, tahu, dan tempe. Berdasarkan peninggalan arkeologi, tanaman ini telah dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu di Asia Timur. Kedelai putih diperkenalkan ke Nusantara oleh pendatang dari Cina sejak maraknya perdagangan dengan Tiongkok, sementara kedelai hitam sudah dikenal lama orang penduduk setempat. Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia adalah Amerika Serikat meskipun kedelai praktis baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah 1910.

lobster
Lobster bercapit membentuk sebuah keluarga (Nephropidae, kadangkala juga Homaridae) dari crustacean besar laut. Mereka penting sebagai hewan, bisnis, dan makanan. Lobster kebanyakan datang dari pesisir timur laut Amerika Utara dengan Canadian Maritimes dan negara bagian Amerika Serikat Maine sebagai produsen terbesar. Mereka ditangkap dengan menggunakan jebakan lobster. Alat tersebut diberi umpan dan diturunkan ke dasar laut. Alat ini membiarkan lobster masuk, namun tidak mungkin bagi lobster besar untuk keluar. Alat ini membuat lobster kecil dapat keluar sehingga bisa mecegah penangkapan lobster yang berlebihan.

kalkun
Kalkun
atau ayam kalkun adalah sebutan untuk dua spesies burung berukuran besar dari ordo Galliformes genus Meleagris.
Kalkun betina lebih kecil dan warna bulu kurang berwarna-warni dibandingkan kalkun jantan. Sewaktu berada di alam bebas, kalkun mudah dikenali dari rentang sayapnya yang mencapai 1,5-1,8 meter.
Spesies kalkun asal Amerika Utara disebut M. gallopavo sedangkan kalkun asal Amerika Tengah disebut M. ocellata.
Kalkun hasil domestikasi yang diternakkan untuk diambil dagingnya berasal dari spesies M. gallopavo yang juga dikenal sebagai kalkun liar (Wild Turkey). Sedangkan spesies M. ocellata kemungkinan adalah hasil domestikasi suku Maya. Ada orang yang berpendapat kalkun yang diternakkan untuk diambil dagingnya berasal dari kalkun suku Maya. Alasannya kalkun suku Maya lebih penurut dari kalkun liar asal Amerika Utara, tapi teori ini tidak didukung bukti morfologis. Kalkun hasil domestikasi mempunyai pial (bagian bergelambir di bawah paruh) sebagai bukti bahwa kalkun negeri berasal dari kalkun liar M. gallopavo. Kalkun M. ocellata yang dipelihara orang Maya tidak memiliki pial.
Kalkun liar merupakan hewan buruan di Amerika Utara, tapi tidak seperti kalkun negeri, kalkun liar gesit dan pandai terbang.

• asparagus
Asparagus, dalam pengertian umum, adalah suatu jenis sayuran dari satu spesies tumbuhan genus Asparagus, terutama batang muda dari Asparagus officinalis. Asparagus telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan sifat diuretiknya. Dengan adanya sifat diuretik tersebut, asparagus berkhasiat untuk memperlancar saluran urin sehingga mampu memperbaiki kinerja ginjal. Asparagus merupakan sumber terbaik asam folat nabati, sangat rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolesterol, serta mengandung sangat sedikit natrium. Tumbuhan ini juga merupakan sumber rutin, suatu senyawa yang dapat memperkuat dinding kapiler

• biji bunga matahari
Bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30cm). Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Bunga matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap ke arah matahari atau heliotropisme. Orang Perancis menyebutnya tournesol atau “pengelana matahari”. Namun demikian, sifat ini disingkirkan pada berbagai kultivar baru untuk produksi minyak karena memakan banyak energi dan mengurangi hasil. pemanfaatan bunga matahari terutama adalah sebagai sumber minyak, baik pangan maupun industri. Sebagai bahan pangan, minyak bunga matahari cocok dipakai untuk menggoreng, mengentalkan, serta campuran salad. Minyak bunga matahari kaya akan asam linoleat (C18:2), suatu asam lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan manusia. Kepentingan teknik menginginkan minyak dengan kadar asam oleat yang lebih tinggi dan terdapat pula kultivar bunga matahari yang menghasilkan minyak dengan kualitas demikian (mengandung 80% hingga 90% asam oleat, sementara kultivar untuk pangan memiliki hanya 25% asam oleat).

• cottage cheese (keju putih lembut dengan gumpalan-gumpalan krim)
Cottage cheese
adalah keju lembut yang dibuat dari dadih dan memiliki rasa yang asam.[1] Keju ini pertama kali dibuat oleh buruh di Eropa dan kemudian dibawa ke Amerika. Cottage cheese mengandalkan penggumpalan yang terjadi pada susu hangat dan tidak menambahkan rennet dalam proses pembuatannya. Setelah dadih terbentuk maka dadih tersebut dipotong-potong berbentuk kubus kecil dan dipanaskan dalam air dadihnya hingga memiliki tekstur yang diinginkan. Air dadih lalu dikeringkan dan dadihnya dibilas dengan air dingin untuk menghilangkan laktosa yang masih tertinggal. Keju ini merupakan keju segar dan dapat menjadi rusak dalam waktu yang singkat sehingga harus segera dikonsumsi. Keju tersebut memiliki banyak kegunaan, terutama untuk membuat masakan dan sebagai pengganti keju Ricotta.

• nanas
Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama ‘nanas’ berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna “buah yang sangat baik”. Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.

• tahu
Tahu adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya. Berbeda dengan tempe yang asli dari Indonesia, tahu berasal dari Cina, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Tahu adalah kata serapan dari bahasa Hokkian (tauhu) (Hanzi: 豆腐, hanyu pinyin: doufu) yang secara harfiah berarti “kedelai yang difermentasi”. Tahu pertama kali muncul di Tiongkok sejak zaman Dinasti Han sekitar 2200 tahun lalu. Penemunya adalah Liu An (Hanzi: 劉安) yang merupakan seorang bangsawan, cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang yang mendirikan Dinasti Han. Aneka makanan dari tahu antara lain tahu bacem, tahu bakso, tahu isi (tahu bunting), tahu campur, perkedel tahu, kerupuk tahu, dan lain-lain.

• bayam
Bayam (Amaranthus spp.) merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting. Bayam sebagai sayur hanya umum dikenal di Asia Timur dan Asia Tenggara, sehingga disebut dalam bahasa Inggris sebagai Chinese amaranth. Di Indonesia dan Malaysia, bayam sering disalahartikan menjadi “spinach” dalam bahasa Inggris (mungkin sebagai akibat penerjemahan yang dalam film kartun Popeye), padahal nama itu mengacu ke jenis sayuran daun lain.
Di tingkat konsumen, dikenal dua macam bayam sayur: bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik berdaun lebar dan tumbuh tegak besar (hingga dua meter) dan daun mudanya dimakan terutama sebagai lalapan (misalnya pada pecel, gado-gado), urap, serta digoreng setelah dibalur tepung. Daun bayam cabut berukuran lebih kecil dan ditanam untuk waktu singkat (paling lama 25 hari), lebih cocok untuk dibuat sup encer seperti sayur bayam dan sayur bobor. Bayam petik biasanya berasal dari jenis A. hybridus (bayam kakap) dan bayam cabut terutama diambil dari A. tricolor. Jenis-jenis lainnya yang juga dimanfaatkan adalah A. spinosus (bayam duri) dan A. blitum (bayam kotok).
Kandungan besi pada bayam relatif lebih tinggi daripada sayuran daun lain (besi merupakan penyusun sitokrom, protein yang terlibat dalam fotosintesis) sehingga berguna bagi penderita anemia.

• pisang
Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

selain makanan di atas POLA MAKAN JUGA HARUS DIPERHATIKAN

Salah satu sumber energi penting fisik dalam kehidupan manusia berasal dari makanan yang kita makan. Akibat kurang makanan mempengaruhi energi melalui makanan yang diubah menjadi glikogen sangat jelas, kebanyakan kita belum pernah merasakan lapar lapar yang berkepanjangan, tetapi mengalami rasa sakit perut ketika lapar dan akibatnya terhadap kemampuan kita untuk berfungsi efektif ketika perut kosong, sulit kiranya memikirkan hal lain diluar makanan.

Sebaliknya kelebihan makanan terus menerus juga mengisyaratkan kelebihan pemulihan yang mengarahkan kepada obesitas dan mempengaruhi energi serta menimbulkan akibat pada kinerja kita, makanan yang mengandung kadar lemak, gula dan karbohidrat sederhana yang tinggi dapat memberikan pemulihan dan tetapi kurang efisien untuk membentuk energi jika dibandingkan protein-protein rendah lemak, karbohidrat komplek seperti sayuran dan gandum.

Pola makanan yang baik pada dasarnya bermanfaat antara lain untuk mengurangi berat badan membuat tubuh terlihat lebih baik dan lebih sehat. Penting memakan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, indeks tersebut menunjukan ukuran cepatnya pelepasan gula dari makanan tertentu menuju peredaran darah, pelepasan yang lebih lambat memberi energi yang lebih stabil dan tetap. Sarapan pagi berindeks glikemik rendah contohnya gandum, protein, dan buah-buahan merupakan sumber energi beroktan tinggi dan tahan lama.

Sebaliknya jenis makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti muffin atau sereal manis membuat tinggi energi melonjak sementara tetapi menurun drastis waktu 30 menit saja.

Jenis sarapan secara tradisional dianggap menyehatkan seperti roti tanpa mentega dan segelas jus jeruk pun sangat tinggi glikemiknya, karena nya bukan sumber yang baik untuk energi yang sinambung dan tahan lama.

Frekuensi makan kita ikut mempengaruhi kapasitas kita untuk tetap terlibat penuh dan mempertahankan kinerja tinggi. Menyantap makanan bergizi tinggi sekitar 5-6 kalori sehari dapat menyimpan cadangan energi tetap, menyantap makan berenergi tinggi sekalipun hanya dapat memasok energi untuk kinerja selama 4-8 jam.

Kinerja yang tahan lama tidak hanya bergantung kepada pola makanan dengan jarak waktu yang teratur, tetapi juga pada porsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan setiap 2 hingga 3 jam.

Makan terlalu banyak atau terlalu sering sama bermasalahnya dengan makan terlalu sedikit atau terlalu jarang, kudapan diantara waktu makan seharunya pada taraf yang wajar-wajar saja yaitu antara 100-150 kalori, dan sekali lagi harus focus pada jenis makanan dengan kadar glikemik rendah seperti kacang-kacangan, biji matahari, buah-buhan atau setengah potong energi bar 200 kalori ukuran biasa

Pada buku digitalnya karangan Jim Loehr dan Tony Schwartz bahwa Kenyataan pada anak-anak yang gemuk makan lebih sedikit pada siang hari dan makanlebih banyak pada malam hari ketimbang anak-anak yang lebih kurus, selain itu mereka yang porsi makannya paginya lebih besar merasa lebih sedikit tidak lelah dan berkurang berat badanya 2-3 pon dalam seminggu ketimbang mereka yang porsi makan malamnya lebih besar.

Selain itu meminum air merupakan sumber yang kerap di abaikan bagi pembaharuan energi fisik. Minum air setidaknya 64 ons air dengan interval tertentu dalam sehari dapat memberikan peningkatan energi.

SEMOGA MEMBANTU..🙂🙂🙂🙂🙂